Rabu, 07 Januari 2009

artikel rekam medis 3

Bulan Februari 2008, Google dikabarkan memulai proyek kerjasama Pilot with Cleveland Clinic for Health. Bulan ini Google melanjutkan dengan menawarkan konsep rekam medis dalam jaringan (Online Medical Records). Rekam medis anda ada di tangan Google. Produk ini dinamakan dengan Google Health. Google akan memberikan layanan kepada penggunanya untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola rekam medis pribadi dalam jaringan mereka. Nantinya Google tentu akan menjamin kerahasiaan dan keamanan data medis penggunanya.

Integrasi dengan berbagai platform memungkinkan pengguna untuk memasukkan data rekam medis dokter pribadinya, data resep, pengobatan dan hasil laboratorium dari berbagai penyedia layanan kesehatan/kedokteran. Dengan berbasis web, tentu memudahkan akses rekam medis darimana saja selama adanya ketersediaan jaringan Internet. Tampilan antarmuka (interfaces) akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Secara teori, rekam medis pribadi dalam jaringan memang bukan hal baru. Arah perkembangan pelayanan kesehatan pun lambat laun menuju kepada ubiquitous healthcare. Sehubungan dengan rekam medis dalam jaringan ini, akses layanan kesehatan akan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Lebih baik lagi jika nantinya didukung oleh kemudahan akses dengan berbagai perangkat mobil, apapun sistem operasinya, apapun koneksinya..sehingga nyaris tanpa syarat.. Gratis? Kita tunggu saja.

San Francisco - Google Inc. akan mulai menyimpan rekam medis dari ribuan orang sebagai uji coba layanan kesehatan yang ditunggu-tunggu banyak kalangan.

Proyek percontohan ini diumumkan Kamis atau Jumat WIB (22/1) yang melibatkan 1.500 hingga 10.000 pasien di Cleveland Clinic yang secara sukarela memindahkan rekam medis mereka secara elektronik yang akan dapat dilihat melalui layanan baru Google, yang tidak akan dibuka kepada masyarakat umum.

Masing-masing profil kesehatan, termasuk informasi soal resep, alergi dan sejarah medis, akan terlindung dengan password yang juga diperlukan untuk melihat layanan Google lainnya, seperti e-mail dan peranti pencarian .

Google melihat ekspansi ke layanan pengelolaan rekam medis sebagai perluasan layanan yang logis sebab mesin pencari Google telah memproses jutaan permintaan untuk mencari lebih banyak informasi mengenai cedera/luka, penyakit atau perawatan yang direkomendasikan.[L2]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar